Sabtu, 17 Oktober 2015

Yang Pertama di Internet

Yang Pertama di Internet

Yang Pertama di Internet - Setiap kejadian pasti ada permulaannya, pun begitu dengan hal-hal yang ada di internet. Pasti ada yang mengawalinya. Apa saja hal-hal yang pertama di internet?

Baca juga: Arti Lorem Ipsum

1. Website pertama di internet
Website yang pertama kali dibuat di internet adalah http://nxoc01.cern.ch yang dibuat oleh Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee pada tanggal 6 Agustus 1991. Dan htttp://nxoc01.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html adalah halaman web pertama yang ada di internet. Namun situs tersebut sekarang sudah tidak bisa dikunjungi karena sudah mati. Untuk halaman web pertama di internet dialihkan di link ini http://www.w3.org/History/19921103-hypertext/hypertext/WWW/TheProject.html.

Beliau menggunakan komputer NeXTcube sebagai server web-nya. Dan server itu juga merupakan server pertama di dunia. Selanjutnya, beliau mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology dan sampai sekarang pun masih ada. Karya beliau yang sangat besar yaitu World Wide Web masih dapat kita rasakan saat ini karena karyanya itu tidak beliau patenkan. Karena jasanya itu, Sir Tim Berners-Lee mendapat gelar kehormatan KBE dari Ratu Elizabeth II pada tanggal 16 Juli 2004.

2. Gambar pertama di internet
Gambar ini dipublikasikan sekitar tahun 1992 atau 23 tahun yang lalu oleh Tim Berners-Lee. Ini adalah gambar sebuah anggota band parody yang bernama The Horribles Cernettes.

gambar pertama di internet

3. Domain pertama di internet
Domain berfungsi untuk menerjemahkan IP adrress komputer menjadi sebuah nama. Hal ini akan mempermudah untuk mengakses situs yang dituju, karena nama lebih mudah diingat dari pada nomor (IP address). Domain pertama dibuat pada tahun 1984 yang terdiri dari .com, .org, .edu, .gov, .mil dan ccTLD.

15 Maret 1985 - Domain komersial pertama (.com) pun didaftarkan dengan nama Symbolics.com, disusul dengan bbn.com, think.com, mcc.com, dec.com, northrop.com.
April 1985 - Domain pendidikan pertama (.edu) pun didaftarkan dengan nama cmu.edu, purdue.edu, rice.edu dan ucla.edu.
Juni 1985 - Domain pemerintahan (.gov) pertama yaitu css.gov.
Juli 1985 - Domain organisasi (.org) pertama yaitu mitre.org.

Dan iamtheproudownerofthelongestlongestlongestdomainnameinthisworld.com adalah domain terpanjang di internet.

4. Search engine pertama di internet
Sebelum terkenalnya Google saat ini, ada beberapa search engine yang sudah mengawalinya terlebih dahulu. Yaitu Alan Emtage yang saat itu masih menjadi mahasiswa McGill University, Kanada, membuat search engine pertama di internet. Ia menamainya "Archie", yang memiliki kemampuan terbatas.

Setelah Archie muncul, search engine yang lain pun ikut bermunculan. Yaitu Veronica, Jughead, Wandex pada tahun 1993. Lalu raksasa internet saat ini Google pada tahun 1998, Yahoo! Search 2004, MSN 2005 yang merubah namanya menjadi Bing pada tahun 2009.

5. Sosial media pertama di internet
Mungkin sosial media yang sekarang kita kenal adalah Facebook, Twitter dan Google+. Tapi mereka itu bukanlah yang pertama menciptakan sosial media di internet. Adalah Classmates.com yang memiliki konsep sosial media pertama di internet. Dibuat pada tahun 1995. Lalu disusul oleh SixDegress.com pada tahun 1997. Setelah itu barulah muncul seperti Friendster 2002, MySpace 2003, Facebook 2004 dan Twitter 2006.

Baca juga: 5 Ciri Blog Yang Disukai Google

Itulah 5 hal yang pertama ada di internet. Sebenarnya masih ada banyak lagi dan mungkin akan di update lain kali, hehe. Sekian semoga bermanfaat.
Disqus Comments