Minggu, 24 Januari 2016

Membuat Efek Parallax di Powerpoint

Membuat Efek Parallax di Powerpoint

Membuat Efek Parallax di Powerpoint - Ada yang tau parallax itu apa? Kalo sobat sering berkunjung ke situs-situs yang profesional dengan tampilan web yang ciamik, biasanya sobat akan menemukan efek parallax ini.

Baca juga: Template Presentasi Powerpoint Berkelas Dunia

Menurut Wikipedia arti paralaks (parallax dalam bahasa Indonesia) sih begini:
Paralaks, atau lebih tepatnya paralaks gerak (bahasa Yunani: παραλλαγή (parallagé)) adalah perubahan kedudukan sudut dari dua titik diam, relatif satu sama lain, sebagaimana yang diamati oleh seorang pengamat yang bergerak. Secara sederhana, paralaks merupakan pergeseran yang tampak dari suatu obyek (titik 1) terhadap latar belakang (titik 2) yang disebabkan oleh perubahan posisi pengamat.

Bisa dimengerti kah penjelasannya si Wikipedia? Kalo penerapan dalam dunia web sih, parallax itu efek pada saat scrolling ke bawah halaman dimana background bergerak ke atas lebih lambat daripada object yang terletak pada layer diatasnya.

Haha, pasti bingung ya maksudnya? Contoh penerapan parallax ini seperti di halaman www.google.com/drive/.

Membuat Efek Parallax di Powerpoint

Nah, kira-kira contoh penerapannya seperti itu. Background-nya terlihat bergerak ke atas tapi dengan kecepatan yang lebih lambat. Setelah sobat mengetahui ilustrasinya, maka kita akan mencoba menerapkan efek parallax pada slide Powerpoint. Bagaimana kelanjutan kisahnya? Ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Buat satu blank slide dan atur menjadi 40% zoom. Ini bertujuan agar mudah membuat fake slide-nya. Saya beri istilah fake slide karena fungsinya seakan-akan ada slide baru yang muncul, padahal bukan. Jika sobat mengerti tentang layer, fake slide posisinya berada di atas layer dari slide asli.

Membuat Efek Parallax di Powerpoint

2. Masukan gambar melalui Insert > Picture > pilih gambar. Pakai gambar yang beresolusi tinggi agar nggak pecah. Lalu sesuaikan gambar agar pas dengan luas slide.

Membuat Efek Parallax di Powerpoint

3. Buat kotak yang sama besar dengan luas slide lalu isi konten yang akan dimunculkan pada fake slide.

Membuat Efek Parallax di Powerpoint

4. Jika pada fake slide terdapat konten, kalian bisa melakukan grouping agar mudah dalam penambahan animasinya. Caranya pilih bagian-bagian yang akan digabungkan lalu klik kanan > Group.

5. Tambahkan animasi lines pada fake slide. Klik fake slide > Animations > Add Animation > More Motions Paths > pilih Up. Atur panjang animasi hingga jika pada saat fake slide bergerak ke atas, slide aslinya itu tertutupi. Atur 'Start' menjadi 'On Click' dan 'Duration' menjadi '02,00'.

Membuat Efek Parallax di Powerpoint

6. Tambahkan animasi yang sama seperti pada fake slide. Atur 'Start' menjadi 'With Previous', 'Duration' menjadi '01,75' dan 'Delay' menjadi '00,25'.

7. Selesai, hasilnya akan seperti tampilan dibawah ini.

Membuat Efek Parallax di Powerpoint

Gimana sobat? Pasti tulisan saya kurang dimengerti ya? Hehe. Yaudah, lebih baik download langsung saja slide lengkapnya yang sudah saya buat ditambah dengan penambahan lainnya agar terlihat persis seperti yang di halaman Google Drive itu.

Baca juga: Cara Buat Efek Mengkilat di Powerpoint
 
Cekidot! Cara download-nya baca Cara Download di Slideshare.


Akhirnya selesai juga postingan tentang cara membuat efek parallax di Powerpoint. Semoga bermanfaat ya sob. Sampai jumpa.
Disqus Comments