Sabtu, 23 Januari 2016

5 Tips Jitu Menyelesaikan Skripsi Dalam Waktu Singkat

5 Tips Jitu Menyelesaikan Skripsi Dalam Waktu Singkat

5 Tips Jitu Menyelesaikan Skripsi Dalam Waktu Singkat - Skripsi bagi sebagian mahasiswa adalah momok yang sangat mencekam. Tapi bagi sebagian yang lain, skripsi adalah kewajiban yang harus dilaksanakan. So, kita ini termasuk yang mana ya?

Baca juga: 9 Film Paling Ditunggu di 2016

Skripsi adalah tugas akhir seorang mahasiswa dalam menempuh pembelajaran di perguruan tinggi. Menyelesaikan skripsi bukanlah perkara yang mudah. Godaan selalu datang silih berganti. Terutama MALAS.

Sulit memang jika harus menghilangkan rasa malas. Tapi ingat, orang sukses itu selalu punya solusinya. Mau kan jadi orang sukses? Pasti mau. Semoga kita semua termasuk dalam golongan orang yang sukses dunia akhirat. Aamiin.

Menyelesaikan skripsi dalam waktu singkat? Memangnya bisa? Bisa kok, kenapa nggak. Kata 'singkat' itu kan relatif. Sudut pandang kita sendirilah yang menentukannya. Namun tips kali ini adalah mengartikan 'singkat' sebagai waktu yang se-efektif dan se-efisien mungkin. Cekidot!

1. Jadwal adalah pemain utama


Jadwal adalah pengatur kehidupan kita. Dengan jadwal, semua akan sesuai dengan rencana-rencana yang kita susun sebelumnya. So, sediakan jadwal untuk menulis dan meninjau kembali skripsimu. Walaupun seringkali kita mangkir dari jadwal yang kita buat sendiri. Tapi setidaknya, kita memiliki target pencapaian yang terperinci.

Jika sobat nggak bisa atau belum bisa mengatur jadwal, berarti sobat itu bukan mahasiswa, hehe. Namanya juga 'mahasiswa', pasti udah gede dan bisa bertanggung jawab. Lebih memprioritaskan kewajiban daripada keinginan juga merupakan kedewasaan dalam mengatur jadwal.

Jika sudah disusun tapi jadwal selalu berantakan, hmm introspeksi diri kayaknya jawaban yang pas. Coba lihat lagi jadwal ibadahmu dengan Sang Pencipta, Allah SWT. Bagaimana waktu sholatnya? Bolong-bolong kah? Atau waktu dzuhur jadi ashar, waktu ashar jadi maghrib? Atur pertemuanmu dengan Allah SWT dan Dialah yang akan menyelesaikan masalahmu sob.

So, atur jadwalmu ya sob!

2. Jangan dikerjakan ...

"Hmm, ini tips apa racun sih, kok menjerumuskan gitu?" Eitss, coba lihat kata-kata selanjutnya yang di hidden ini, "jika merasa bukan mahasiswa". Jadi, kalimat lengkapnya adalah "Jangan dikerjakan jika merasa bukan mahasiswa."

Buat apa juga ya kalo bukan mahasiswa tapi mengerjakan skripsi. Skripsi kan hanya khusus bagi mahasiswa- yang punya tanggung jawab- saja. Percuma kuliah lama-lama tapi nggak bisa merasakan bahagianya wisuda. Dan wisuda hanya bisa dirasakan setelah selesai skripsi lalu sidang dan dinyatakan lulus.

Semangat terus ya sob, jangan dikerjakan ...!

3. Sediakan gelas kosong

Gelas ini bukan terbuat dari kaca, plastik ataupun gerabah. Gelas ini adalah gelas ilmu. Apa yang terjadi jika gelas yang penuh diisi air lagi? Pasti air akan tumpah dan air yang dituangkan pun nggak akan masuk kedalam gelas. Pun begitu dengan gelas ilmu.

Jangan sombong. Merendah dirilah dalam mencari ilmu. Saat mencari ilmu, ibaratkan diri kita adalah gelas kosong yang nggak punya ilmu sama sekali - walaupun sebenarnya kita sudah mengetahuinya lebih dulu. Terima setiap masukan baik dari orang lain, baik dosen pembimbing, teman ataupun siapa saja.

Jangan lupa sob, gelas kosongnya.

4. Jangan pakai kacamata kuda

Pernah lihat 'pak kusir yang sedang bekerja mengendarai kuda supaya baik jalannya'? Tentu pernah ya. Coba lihat kacamata yang dipakai kuda itu. Kacamata kuda itu berfungsi agar sudut pandang kuda hanya kedepan dan nggak bisa menengok ke kanan dan ke kiri.

Kalo dalam mengerjakan skripsi kita masih pakai kacamata kuda, hmm kemungkikan akan lama selesai skripsinya. Buka wawasan dengan berbagai ilmu agar kita memiliki banyak sudut pandang positif. Saat melakukan bimbingan dengan dosen, mungkin akan banyak kesalahan. Disinilah waktu yang tepat untuk melihat kesalahan itu dari sudut pandang yang berbeda.

Terkadang hal mudah itu terasa sulit jika kita melihat dari sudut pandang yang salah.

5. Skripsi bukan segalanya

Ada yang galau gara-gara skripsi. Ada juga yang jadi 'penggerutu' mendadak gara-gara draft skripsi-nya salah melulu di mata dosen. Kenapa ya? Mungkin dia lelah. Santai aja sob, kata orang-orang sih 'Hidup itu Indah'.

Skripsi bukan segalanya kok. Skripsi itu lebih mirip seperti mendongeng. Kita hanya perlu menceritakan kembali apa yang telah kita kerjakan. So, nggak ribet kan? Ya mungkin cuma ribet sedikit sih tapi dibawa asyik aja.

Sob, sesudah kesulitan pasti ada kemudahan. Sesudah kesulitan pasti ada kemudahan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Nomor Halaman Pada Cover

Nah, bagaimana 5 tips jitu menyelesaikan skripsi dalam waktu singkat itu? Cukup membantukah? Hehe, semoga saja ya. Oiya, untuk masalah teknis penulisan skripsi dan sidang presentasi skripsinya, sobat bisa juga membaca beberapa artikel dibawah ini:

Selamat membaca ya sob. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Disqus Comments