Minggu, 10 Januari 2016

Cara Menambahkan Meta Tag alexaVerifyID

Cara Menambahkan Meta Tag alexaVerifyID
 
Cara Menambahkan Meta Tag alexaVerifyID - Salam blogger, semoga senantiasa sehat selalu ya sobat. Postingan kali ini masih tentang verifikasi yaitu verifikasi blog/web di situs www.alexa.com. Tentu sobat blogger sudah tidak asing lagi mendengar kata 'Alexa' ini.

Baca juga: Cara Menambahkan Google Site Verification

Lalu, siapakah Alexa itu? Berikut keterangan mengenai Alexa yang dikutip dari Wikipedia:
Alexa Internet, Inc. adalah sebuah anak perusahaan dari Amazon.com yang berbasis di California, dan menyediakan data komersial terkait traffic web.

Dengan begitu kita dapat mengetahui bahwa Alexa merupakan salah satu Webmaster Tools yang berkaitan dengan traffic web. Mengenai verifikasi ini, bisa dikatakan penting ataupun tidak penting, tergantung penggunanya. Tohh, walaupun tidak melakukan verifikasi di Alexa, blog/web kita masih dapat ter-index oleh search engine seperti Google Search.

Tapi ya nggak ada salahnya juga untuk melakukan verifikasi blog/web kita di Alexa karena verifikasi ini bertujuan untuk mengakuisisi bahwa blog/web tersebut benar milik kita. So, dengan verifikasi ini nanti kita akan mendapatkan meta tag alexaVerifyID yang akan dipasang pada blog/web.

Lantas bagaimana cara mendapatkan atau menambahkan meta tag alexaVerifyID pada blog/web? Berikut langkah untuk mendapatkannya:

1. Login terlebih dahulu pada halaman www.alexa.com/secure/login jika sobat sudah memiliki akun di Alexa namun jika belum, kunjungi halaman www.alexa.com/secure/register untuk melakukan pendaftaran.

login pada situs www.alexa.com

2. Kunjungi halaman www.alexa.com/siteowners/claim lalu isikan alamat blog/web sobat pada kotak 'Enter a site URL' yang tersedia. Selanjutnya klik 'Continue'.

masukan alamat situs blog/web

3. Akan ada 3 metode untuk memverifikasi blog/web sobat, pilih metode ke-2 yang menggunakan meta tag. Lalu salin kode yang muncul dibawahnya.

salin meta tag alexaverifyid yang muncul

4. Tempelkan kode meta tag tersebut dibawah kode <head> pada template blog/web sobat. Lalu klik 'Simpan template'.

tempelkan pada template blog/web

5. Kembali ke halaman 'Alexa - Claim Site' yang tadi lalu klik tombol 'Verify my ID'. Nanti akan muncul notifikasi dibawahnya yaitu 'Your site is successfully claimed.' yang menandakan bahwa blog/web sobat berhasil terverifikasi di Alexa.

klik tombol verify my id

Baca juga: Cara Menambahkan Meta Tag msvalidate.01

Selesai sudah, sobat telah berhasil menambahkan meta tag alexaVerifyID pada blog/web. Semoga bermanfaat yak, sampai jumpa.
Disqus Comments