Sabtu, 09 Januari 2016

Cara Menambahkan Google Site Verification

Cara Menambahkan Google Site Verification

Cara Menambahkan Google Site Verification - Salam hangat untuk blogger dimana pun berada. Tutorial menambahkan google site verification sebenarnya sudah jadul dan banyak sekali yang menuliskannya di blog. Tapi apa salahnya untuk menuliskannya kembali di blog usang ini sekalian setting ulang siyusuf.com yang baru ganti template.

Baca juga: Cara Edit HTML dan CSS dengan Mudah untuk Pemula

Sebelum lanjut ke langkah-langkahnya, alangkah baiknya sobat mengetahui tentang google site verification ini. Google site verification adalah cara untuk memverifikasikan (memberitahukan) blog sobat kepada Google bahwa blog tersebut benar milik sobat.

Seperti arti verifikasi yang dikutip dari support.google.com berbahasa Indonesia yaitu:
Verifikasi adalah proses pembuktian bahwa Anda adalah pemilik situs atau aplikasi yang diklaim sebagai milik Anda. Kami perlu mengonfirmasi kepemilikan karena setelah terverifikasi sebagai pemilik situs atau aplikasi, Anda memiliki akses ke data Google Penelusuran pribadi untuk situs atau aplikasi tersebut serta dapat memengaruhi cara Google Penelusuran merayapinya.

So, setelah sobat tahu mengenai google site verification ini, kita lanjut ke langkah-langkah untuk menambahkan google site verification ini di blog. Berikut langkah-langkahnya:

1. Login pada halaman Google Webmasters Tools
2. Pilih blog yang akan sobat verifikasikan pada daftar blog yang tersedia atau jika belum ada, klik 'Add Property' pada sisi kanan halaman dan tuliskan alamat blog sobat.

pilih blog yang akan diverifikasi

3. Setelah memilih blog, sobat akan menuju halaman 'Dashboard' Google Webmasters Tools. Pada sisi kanan, klik tombol setting (gear) lalu pilih 'Users and Property Owners'.

pilih users and property owners

4. Pilih 'User email', klik saja radio button (yang berbentuk bulat) pada email sobat lalu drag mouse ke tulisan 'Owner'. Setelah itu akan muncul notifikasi singkat, klik dibagian 'owner verification page'.

pilih owner verification page

5. Klik pada link 'Verify using a different method.'

pilih verfy using a different method

6. Dari kelima option yaitu 'HTML file upload', ' HTML tag', 'Google Analytics', 'Google Tag Manager' dan 'Domain name provider' pilihlah option kedua yaitu 'HTML tag'. Salin meta tag yang muncul dimulai dari tanda '<' sampai dengan '>'.

pilih HTML tag

7. Tempel kode meta tag tersebut pada template blog sobat dibawah kode '<head>' atau jika template blog sobat sudah terdapat kode google site verification, tempelkan bagian 'content' pada bagian yang kosong.

tempel meta tag pada template blog


Baca juga: Cara Membuat URL Link Palsu

Selesai sudah, 'Simpan template' blog sobat dan blog sobat berhasi terverifikasi oleh Google. Semoga cara menambahkan google site verification ini dapat bermanfaat bagi sobat blogger yang sedang membutuhkan. Sekian, sampai jumpa.
Disqus Comments