Rabu, 20 Januari 2016

Cara Menambah Admin Blog

Cara Menambah Admin Blog

Cara Menambah Admin Blog - Hai sobat, senang bisa berjumpa kembali dalam keadaan sehat sentosa. Bagi sobat yang udah kejebak dalam blog ini, nggak ada salahnya baca postingan yang satu ini. Postingan yang sangat ringan ala newbie seperti saya ini.

Baca juga: Cara Menambahkan Meta Tag alexaVerifyID

Kali ini kita akan mengetahui bagaimana cara menambah admin di blog. Admin adalah pengurus sebuah blog. Apasih fungsi admin blog? Ya, fungsinya sih untuk mengurusi blog. Jadi, blog itu bisa dikelola oleh beberapa orang. Nah, agar blog itu bisa dikelola oleh beberapa orang maka sebelumnya kita harus menambahkannya sebagai admin blog.

Di blogger sendiri itu ada 2 tipe pengurus blog. Pertama adalah 'Admin' yang otoritasnya mencakupi seluruh seluk beluk blog. Kedua adalah 'Pengarang' yang otoritasnya hanya mengenai postingan blog.

Nah, bagaimana cara menambahkannya? Lihat langkahnya berikut ini.

1. Login ke dashboard Blogger.
2. Masuk ke menu 'Setelan' > 'Dasar'.

masuk ke setelan > dasar

3. Pada bagian 'Pengarang Blog', klik '+ Tambahkan pengarang'. Ada 2 cara penambahan disini. Pertama, langsung tulis alamat e-mail pengarang yang dituju. Kedua, klik 'Pilih dari Kontak' untuk menambahkan pengarang melalui daftar kontak yang ada di e-mail.

Contoh dibawah ini menggunakan cara pertama. Tulis e-mail pada kotak yang tersedia lalu klik 'Undang pengarang'.

mengundang pengarang blog

4. Sebuah e-mail permintaan menjadi pengarang pun akan dikirim ke alamat e-mail tersebut. Pastikan orang tersebut membukanya. Pesan akan tampak seperti gambar dibawah ini. Setelah itu, orang tersebut harus mengklik 'Terima undangan'.

email untuk menjadi pengarang blog

5. Setelah itu, orang tersebut harus mengklik 'Terima undangan' lagi.

menerima undangan pengarang blog

6. Selesai, pengurus blog berhasil ditambahkan.

Seperti yang saya sampaikan diatas, bahwa pengurus memiliki 2 tipe. Nah, berikut tampilan yang berbeda dari kedua tipe tersebut.

Pengarang


Admin


tipe admin pada blog

Pengaturan untuk mengubah tipe tersebut ada pada menu 'Setelan' > 'Dasar'. Pada bagian 'Izin', ubah tipe pengarang sesuai dengan yang sobat inginkan.

Baca juga: Cara Membuat URL Link Palsu

mengubah tipe pengarang pada blog

Nah, begitulah cara menambah admin blog. Mudah-mudahan sobat bisa mengerti tulisan yang masih belepotan itu ya, hehe. Semoga bermanfaat ya, sampai jumpa.
Disqus Comments