Jumat, 09 Oktober 2015

Persiapan, Teknik dan Pertanyaan Saat Interview

Persiapan, Teknik dan Pertanyaan Saat Interview

Persiapan, Teknik dan Pertanyaan Saat Interview - Interview atau wawancara kerja adalah hal yang harus dihadapi oleh calon pekerja. Dengan interview, perusahaan dapat menilai apakah kamu cocok dengan kualifikasi yang dibutuhkan atau tidak.

Baca juga: Contoh CV Formal yang Menarik

Mengingat pentingnya interview ini, setidaknya ada beberapa hal yang harus kamu kuasai sebelum melakukan interview. Diantaranya adalah persiapan, teknik dan pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview.

Persiapan

1. Cari informasi - Cari sebanyak-banyaknya informasi mengenai perusahaan yang kamu lamar. Mulai dari hal terkecil seperti alamat perusahaan sampai dengan hal-hal besar seperti prospek kemajuan perusahaan di masa depan.
2. Siapkan mental - Mental menjadi hal yang penting dilakukan sebelum melakukan interview. Mental yang matang akan memudahkan mengatasi situasi yang ada pada saat interview. Contohnya seperti percaya diri dan berani.
3. Penampilan profesional - Penampilan akan menunjukan seberapa besar ketertarikan kamu terhadap perusahaan tersebut. Dengan penampilan yang profesional, perusahaan akan melihat bahwa kamu benar-benar tertarik untuk bekerja disitu. Contohnya seperti jika pria menggunakan jas dan celana bahan sedangankan untuk wanita menggunakan blouse dan celana bahan.
4. Sikap optimis - Apapun yang terjadi nanti kamu harus tetap memiliki sikap yang optimis. Jangan pernah berfikir gagal, tapi tetaplah berfikiran sukses.

Teknik Interview

1. Perkenalan diri - Perkenalkan dirimu sesuai dengan data yang kamu tulis di CV dan juga sebutkan kemampuanmu yang menunjang kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.
2. Kontak mata - Lakukan kontak mata dengan pewawancara. Jangan pernah menoleh keatas, kebawah ataupun kesamping. Tatap mata pewawancara secara halus karena ini merupakan indikasi bahwa kamu adalah orang yang percaya diri dan bisa diandalkan.
3. Jabat tangan - Sebaiknya kita yang terlebih dahulu mengajak untuk berjabat tangan. Jangan sampai pewawancara yang mengajak berjabat tangan.
4. Duduk profesional - Duduk dengan baik dan nyaman di kursi yang disediakan tapi tidak bersandar ataupun menunduk. Duduklah dengan tegak.
5. Berfikir sebelum bicara - Karena dalam interview ini jawaban adalah hal terpernting maka jawabannya pun harus dipikirkan terlebih dahulu. Jawab secukupnya jangan terlalu singkat jangan juga terlalu banyak.

Pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview

1. Ceritakan mengenaik diri Anda! - Ceritakan hal yang berkaitan dengan bidang kerja yang kamu lamar serta data diri yang kamu cantumkan di CV.
2. Apa pengalaman Anda dibidang ini? - Minta pertanyaan yang lebih spesifik dan jawablah dengan jujur dan logis.
3. Apa yang Anda tahu tentang kami? - Jawab sesuai dengan informasi yang kamu cari sebelumnya dan jangan asal menjawab dengan kata lain harus berfikir dahulu sebelum menjawab.
4. Berapa gaji yang Anda harapkan? - Gaji sebelumnya ditambah dengan 30%-nya, itulah yang harus kamu jawab. Contohnya jika gaji sebelumnya adalah 1.000.000 maka 1.000.000 ditambah 30%-nya yaitu 300.000, hasilnya adalah 1.300.000. Jika belum pernah bekerja, cari tahu informasi mengenai gaji yang ada di posisi tersebut.
5. Mengapa Kami harus menerima Anda? - Sebutkan kemahiran dan kualifikasi kamu serta cocokkan dengan kebutuhan perusahaan.

Kamu juga bisa melihat ataupun men-donwload materi persiapan, teknik dan pertanyaan saat interview dalam bentuk slide. Untuk mengunduhnya baca Cara Download di Slideshare.


Baca juga: Bagaimana Cara Presentasi Yang Baik?

Hal terpenting setelah itu semua adalah do'a. Karena 99% adalah usaha dan 1% yang menentukan adalah do'a. Sekian, semoga artikel dan presentasi mengenai Persiapan, Teknik dan Pertanyaan Saat Interview dapat bermanfaat.
Disqus Comments