Kamis, 01 Oktober 2015

Blogspot Kini Mendukung HTTPS

Blogspot Kini Mendukung HTTPS

Blogspot Kini Mendukung HTTPS - Sejak 2008, Google berusaha untuk memperbaiki sistem dalam produk-produknya. Salah satunya ialah dengan memberikan enkripsi pada setiap koneksi yang diminta oleh clients. Beberapa produk Google yang sudah mendukung sistem ini ialah seperti Search, Gmail dan Drive.

Baca juga: Perubahan Logo Google Dari Dulu Sampai Sekarang

Terbaru dari produk Google yang menggunakan sistem ini ialah Blogspot. Hal ini secara resmi dipublikasikan oleh Google Online Security Blog. Disamping itu, hal ini juga merupakan salah satu misi yang dicanangkan oleh Google yaitu HTTPS Everywhere.

HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure) itu sendiri adalah salah satu protokol komunikasi di jaringan internet dan merupakan kombinasi dari HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) dan SSL (Secure Socket Layer). Blogspot yang menggunakan protokol HTTPS memiliki beberapa kelebihan daripada yang hanya menggunakan protokol HTTP.

Apa saja kelebihan dari HTTPS? 
  • HTTPS dapat mencegah para hacker untuk mencuri data atau melacak aktivitas yang dilakukan di blog, 
  • HTTPS akan memastikan user bahwa situs  yang dikunjungi adalah situs yang aman atau benar,
  • HTTPS akan mendeteksi jika ada perubahan aneh yang bukan dilakukan oleh pemilik situs tersebut,
  • dll.

Untuk pengguna Blogspot, kalian dapat dengan mudah menikmati fitur terbaru dari Google ini secara gratis. Untuk caranya, simak langkah-langkah dibawah ini.

1. Masuk ke Blogger
2. Masuk ke Dahsboard > Setelan > Dasar

mengubah protokol blogspot menjadi https

3. Pada Setelan HTTPS ubah menjadi Ya

Namun sayangnya, cara mengatur Blogspot menjadi HTTPS yang mudah ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna Blogger. Untuk pengguna Blogger yang menggunakan custom domain belum dapat menikmati fitur HTTPS di Blogspot ini.

HTTPS belum mendukung untuk custom domain


Perlu diperhatikan juga bagi pengguna Blogger yang akan mengubah protokol Blogspot-nya menjadi HTTPS, kemungkinan beberapa fungsi yang ada di blog seperti template, postingan blog, gadget tidak dapat bekerja dengan baik bahkan dapat mengalami kerusakan. Namun tak perlu khawatir, secara bertahap Google akan memperbaiki sistem HTTPS ini dan juga beberapa kesalahan dapat diperbaiki oleh pemilik blog sendiri.

Baca juga: 5 Ciri Blog Yang Disukai Google

Bagaimana cara mengecek blog yang sudah menjadi HTTPS? Caranya cukup mudah, tulisakan pada address bar https://alamat.blogspot.com. Jika blog sudah diatur menjadi HTTPS, maka akan ada icon kunci disebelah kirinya dan tulisan https:// tidak akan hilang. Namun jika blog belum diatur menjadi HTTPS, maka tidak ada icon kunci dan secara otomatis tulisan https:// akan hilang.

Berikut tampilan perubahan Blogspot dari HTTP menjadi HTTPS.

blogspot sebelum diubah menjadi https
Sebelum menjadi HTTPS


blogspot setelah diubah menjadi https
Setelah menjadi HTTPS

Ubah protokol blog-mu menjadi HTTPS sekarang juga agar keamanan di blog-mu menjadi lebih baik. Sekian, semoga informasi Blogspot yang kini mendukung HTTPS dapat bermanfaat.
Disqus Comments