Jumat, 19 Juni 2015

Cara Membuat Balon Udara di CorelDRAW

siyusuf.com - Abstrak Studio

Assalaamu'alaikum - Saat membuka CorelDRAW pasti ada balon udaranya. Balon udara ini ialah logo dari CorelDRAW. Nah dari situlah inspirasi muncul untuk membuat postingan tentang cara membuat balon udara di CorelDRAW. Selain itu, inspirasi juga muncul karena saya pribadi memang memimpikan naik balon udara di Paris (ataupun dimana saja) bersama dengan DIA (seseorang yang istimewa namun entah siapa).

Langsung saja, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka CorelDRAW (saya menggunakan CorelDRAW X7) dan buat dokumen baru.
2. Buat garis bantu agar hasilnya seimbang. Arahkan mouse ke ruler (penggaris) samping, lalu drag (tarik/geser) ke tengah kertas dan drop (lepaskan). Lakukan hal yang sama untuk ruler bagian atas. Jika ruler tidak ada, pilih tab View > Rulers.

Membuat Balon Udara CorelDRAW

3. Buat garis balon udara. Pilih Bezier tool lalu buat garis seperti segitiga dengan cara klik pada titik-titik yang diinginkan (mouse jangan di drag). Titik 1 di sumbu Y (diatas titik pusat). Titik 2 di sumbu X (disamping kanan titik pusat). Titik 3 pas di titik pusat.

Membuat Balon Udara CorelDRAW

4. Ubah garis menjadi setengah balon kanan. Pilih Shape tool atau tekan F10 lalu pada garis yang miring klik kanan dan pilih To Curve. Drag garis kesamping kanan hingga membentuk seperti setengah balon udara lalu drop.

Membuat Balon Udara CorelDRAW

5.  Gandakan setengah balon menjadi dua. Pilih Pick tool terlebih dahulu lalu pada setengah balon kanan tadi copy (ctrl+c) dan paste (ctrl+v). Drag hasil copas kesamping kiri dan drop. Pilih Mirror horizontally di-toolbar bagian atas dokumen.

Membuat Balon Udara CorelDRAW

6. Hubungkan setengah balon. Pilih Zoom tool untuk memperbesar tampilan atau bisa juga scroll pada mouse. Jangan lupa pilih Pick tool untuk menyesuaikan balon kiri dengan balon kanan. Pastikan keduanya menyatu dan berada pada garis bantu.

Membuat Balon Udara CorelDRAW

7. Satukan setengah balon. Gunakan Pick tool untuk memilih kedua belahan balon tersebut (pilih dengan drag & drop). Setelah keduanya terpilih, klik kanan pilih Combine atau tekan Ctrl+L pada keyboard.

Membuat Balon Udara CorelDRAW

8. Hubungkan titik-titik pada balon. Pilih Shape tool, lalu pada bagian bawah balon pilih kedua titik yang tadi dihubungkan (pilih dengan drag & drop). Lalu pada toolbar dibagian atas, pilih Join two nodes. Ulangi cara ini untuk bagian atas balon.

Membuat Balon Udara CorelDRAW

9. Buat balon udara. Copy & paste balon udara setelah itu jangan digeser, memang setelah di-paste terlihat seperti tidak ada hasilnya namun sebenarnya sudah ada. Bersamaan dengan menekan tombol shift di keyboard, drag titik kanan kearah kiri lalu drop jika posisi sudah sesuai. Ulangi cara ini sekali lagi hingga hasilnya seperti gambar pada nomor 3.

Membuat Balon Udara CorelDRAW

10. Warnai balon udara. Gunakan Pick tool terlebih dahulu untuk memilih objek. Lalu pilih warna sesuai selera.

Membuat Balon Udara CorelDRAW

11. Hilangkan outline. Pilih balon udara, lalu pada Outline Pen pilih No Outlline.

Membuat Balon Udara CorelDRAW

12. Buat kotak dibawah balon. Pilih Rectangle tool atau tekan F6 dan buat kotak dibawah balon. Pilih Shape tool lalu klik kanan pada kotak dan pilih Convert to Curves atau tekan Ctrl+Q. Drag & drop titik dibagian atas kesamping hingga berbentuk seperti trapesium (gambar nomor 4). Terakhir, warnai dan hilangkan outline pada kotak.

Membuat Balon Udara CorelDRAW

13. Selesai. Lihat hasilnya.

Membuat Balon Udara CorelDRAW

Bagaimana? Mudah bukan cara membuatnya. Tunggu apalagi? Buat balonmu sekarang. Untuk balon udara yang saya buat memang jelek dan gak rapi maklum masih bau kencur di CorelDRAW. Namun setidaknya dapat bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan. Sekian cara membuat balon udara di CorelDRAW. - Wassalaamu'alaikum
Disqus Comments