Rabu, 20 Januari 2016

Sinkronisasi Komputer dengan Google Drive

Sinkronisasi Komputer dengan Google Drive

Sinkronisasi Komputer dengan Google Drive - Google Drive adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi yang dimiliki oleh Google - sang maestro dunia internet saat ini. Dengan tagline "A safe place for all your files", Google meyakinkan bahwa Drive adalah tempat 'pas' untuk menyimpan berbagai file.

Baca juga: Google Menjadi Anak Perusahaan Alphabet Inc

Dengan Drive, kita mampu menyimpan berbagai file, melihatnya dimana saja dan membagikannya kepada siapapun. So, Drive ini akan mempermudah kita dalam penyimpanan file. Jika sobat menggunakan PC/laptop, menghubungkannya dengan Drive adalah salah satu terobosan yang apik.

Cara ini juga bisa mengantisisapi, ehh maksudnya mengantisipasi jika suatu saat PC/laptop sobat mengalami kerusakan. Dokumen penting pun akan aman dalam dekapan si Drive. Contohnya saja dokumen skripsi.

Nah, sinkronisasi antara komputer dan Drive pun diperlukan agar file dapat otomatis menyesuaikan keberadaannya. Bagaimana caranya? Coba ikuti langkah berikut ini.

1. Download Google Drive disini. Jika ada notifikasi seperti ini, klik 'Accept and Install'.

mendownload google drive

2. Install Google Drive seperti biasa.
3. Buka Google Drive yang telah terpasang.

membuka google drive

4. Google Drive akan otomatis berjalan. Tandanya adalah adanya icon pada bagian bottom bar atau hidden icon button.

icon google drive akan tampil pada bottom bar

5. Folder Google Drive pun akan otomatis dibuat pada C:\Users\[Account]\Google Drive. Sekarang, Google Drive akan otomatis melakukan sinkronisasi dengan komputer sobat.

Mengganti Default Folder Google Drive

Jika sobat ingin mengganti default folder dari Google Drive, lakukan langkah berikut ini.

1. Klik icon Google Drive > Menu > Preferences...

Mengganti Default Folder Google Drive

2. Klik Account > Disconnect account... > Disconnect. Nanti akan ada pemberitahuan yang isinya "You have disconnected your account".

Mengganti Default Folder Google Drive

3. Klik lagi icon Google Drive lalu 'Sign in'. Login ke akun sobat dan ikuti langkahnya hingga pada step ke-4 klik 'Sync options'.

Mengganti Default Folder Google Drive

4.  Klik 'Change' pada pengaturan folder untuk memilih folder mana yang akan disinkronisasikan (default folder). Setelah itu klik 'Start sync'.

Mengganti Default Folder Google Drive

5. Selesai

Baca juga: Cara Menbambah dan Menghapus Folder di Bagian This PC

Bagaimana? Puyeng nggak baca tulisan yang belepotan ini? Hehe. Ya sudahlah, biarkan saja. Semoga postingan mengenai sinkronisasi komputer dengan Google Drive ini dapat bermanfaat ya sob. Sekian dan sampai jumpa.
Disqus Comments