Kamis, 14 Januari 2016

Ayoo ke Perpustakaan Umum Depok!

Ayoo ke Perpustakaan Umum Depok!

Ayoo ke Perpustakaan Umum Depok! - Emm, orang Depok udah pernah belom nih ke Perpustakaan Umum Depok? Gue yakin sih, masih banyak juga yang belom tau kalo Depok itu punya Perpustakaan Umum.

Baca juga: Powerpress Presentation Template

Memang Perpustakaan Umum Depok ini terbilang cukup anyar karena baru ada sejak 2015 kemarin. Perpustakaan ini juga menjadi tolak ukur bidang pendidikan di Depok yang semakin maju. Kehadirannya pun sangat bermanfaat, baik bagi pelajar, mahasiswa maupun umum.

Fasilitas yang tersedia pun terbilang lengkap, seperti yang dikutip dari Majalah Warta Depok edisi April 2015 pada halaman 24, yaitu:

Gedung Perpustakaan Depok terdiri dari tiga lantai. Pada lantai dua disediakan buku-buku umum dan dapat dipinjam oleh anggota perpustakaan, dan di lantai tiga disediakan buku-buku khusus yang hanya dapat dibaca di tempat. Bangunan perpustakaan itu juga dilengkapi dengna ruang serbaguna (auditorium), ruang balita, ruang lansia, ruang teater, ruang server, ruang pemantau CCTV serta CCTV 21 titik. Selain itu juga memberikan layanan Online PUblic Akses Catalog (OPAC). OPAC merupakan teknologi dalam ilmu perpustakaan, dimana sistem ini memudahkan pengunjung perpustakaan untuk melakukan pencarian buku. Selain itu juga menyediakan konten jenis buku e-book.

Lalu, dimana letak Perpustakaan Umum Depok? Letaknya di Balai Kota Depok Jl. Margonda Raya. Nggak jauh kok dari gerbang pintu Balai Kota, masuk gerbang lihat sisi kiri pasti langsung ketemu dengan gedung perpustakaannya.

perpustakaan umum depok tampak depan

Karena perpustakaan berada di lantai kedua, setelah masuk gedung langsung aja meluncur ke lantai 2. Oiya, sebelumnya kalo bawa kendaraan, parkiran itu ada di belakang gedung perpustakaan. Jangan sampai parkir di depan gedung, karena disitu dilarang parkir.

Kalo udah ada di lantai 2, langsung masuk aja ke dalem perpustakaan. Jangan lupa absen dulu sebelum masuk, biasanya absen ini dipegang sama anak magang (PKL). Tas dan makanan juga nggak boleh dibawa masuk, jadi nanti disitu dititipin aja.

Setelah masuk, pilih-pilih aja buku yang akan dibaca. Tapi sayangnya belum ada penanda kategori buku di rak bukunya. Mungkin ini yang harus ditambah oleh pengurus Perpustakaan Umum Depok. Jadi kita mencari buku berdasarkan kode yang ada disamping buku. Daftar kodenya ditempel di rak buku.

rak buku perpustakaan umum depok

Bukunya sih nggak banyak banget dan kebanyakan adalah buku-buku lama - seperti buku tentang komputer, karena ilmu komputer selalu berkembang, ketinggalan setahun aja bukunya udah terasa jadul - tapi untuk menambah pengetahuan, disinilah tempatnya.

Ruang bacanya juga nyaman, rapi dan tertata. Pokoknya asyik kalo kita bisa menambah ilmu disini.

ruang baca perpustakaan umum depok

Cara meminjam buku? Buku hanya boleh dipinjam oleh anggota perpustakaan. Yaudah, cara menjadi anggota perpustakaan? Ya, daftar aja.
  1. Siapkan fotokopi kartu identitas, entah itu KTP, kartu pelajar, kartu mahasiswa, ataupun yang lainnya. 
  2. Minta dan isi formulir pendaftaran di tempat absen yang tadi.
  3. Serahin ke bagian keanggotaan perpustakaan, tempatnya lihat gambar dibawah.
  4. Tunggu sebentar, dan nanti akan difoto.
  5. Jadi deh, sudah resmi menjadi anggota perpustakaan.

Lanjut ke cara meminjam bukunya.
  1. Bawa buku yang mau dipinjam ke bagian sirkulasi, tempatnya lihat gambar dibawah.
  2. Serahin kartu anggota + bukunya.
  3. Tunggu sebentar, dan buku bisa dibawa pulang.

tempat masuk ke perpustakaan depok

Nah, sekarang mengenai jadwal buka perpustakaan. Lihat dibawah ini.
  • Senin - Kamis & Sabtu - Minggu: 08:00 - 15:00 WIB | Istirahat: 12:00 - 13:00 WIB
  • Jum'at: 08:00 - 16:00 WIB | Istirahat: 12:00 - 13:30 WIB

Baca juga: Kuliah Gratis di Bogor

Gimana? Nyesel deh kalo orang Depok belum pernah ke Perpustakaan Umum Depok. Tunggu apalagi? Sempatkan selagi bisa, karena ilmu itu jendela dunia. :) 
Disqus Comments