Rabu, 28 Oktober 2015

Pengaturan DNS Dasar Untuk Pengguna Blogspot

Pengaturan DNS Dasar Untuk Pengguna Blogspot

Pengaturan DNS Dasar Untuk Pengguna Blogspot - Banyak diantara pengguna blogspot beralih ke domain top level, diantaranya adalah saya sendiri. Dulu blog ini bernama si-ysf.blogspot.com namun kini beralih menjadi siyusuf.com. Berdasarkan pengalaman, awalnya pasti bingung untuk mengubah domain blogspot menjadi domain top level (misalnya: .com atau .net).

Baca juga: Komentar Menggunakan Link di Blog

Saat bingung pasti muncul pertanyaan, "Apasih yang harus diatur pada DNS untuk mengalihkan domain Blogspot?". Nah, kali ini saya akan berbagi pengalaman mengatur DNS default untuk pengguna Blogspot pada server yang kita beli. Oiya, server disini ialah baik yang hanya membeli domain saja ataupun yang membeli hosting + domain-nya.

Oke, sebelum itu tahukah kalian DNS itu apa? Menurut Wikipedia.org, DNS adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. Intinya sih, DNS itu akan mengubah alamat komputer kita menjadi sebuah nama yang tentunya akan lebih diingat. Contohnya begini, IP Adrress sebuah komputer adalah 192.168.1.1. Jika menggunakan DNS maka bisa menjadi nama domain, misalnya menjadi komputerini.com. Kira-kira seperti itu ya kawan.

Lanjut ke pembahasan, yaitu pengaturan DNS dasar untuk pengguna Blogspot. Kalian yang sudah beli domain harus mengatur bagian DNS-nya agar bisa digunakan sebagaimana mestinya. Biasanya pengaturan ini ada dibagian "Kelola DNS" ataupun "Manage DNS".

Ada dua bagian yang harus diatur, yaitu pada pengaturan Blogspot-nya dan pada cPanel (ClientArea) tempat domain itu dibeli. Berikut rinciannya.

Pengaturan Blogspot
1. Masuk ke Dahsboard > Setelan > Dasar
2. Klik + Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda pada bagian Penerbitan Alamat Blog

siapkan url pihak ke-3 untuk blog kamu

3. Masukan domain yang sudah dibeli dengan menggunakan www. didepannya. Ingat! Gunakan www. didepannya. Lalu klik Simpan.

masukan domain yang sudah kamu beli

4. Lalu akan muncul kode-kode yang menurut kita 'gak jelas' seperti dibawah ini. Tiap blog akan memiliki kode yang berbeda-beda. Simpan kode tersebut karena nanti akan digunakan pada pengaturan DNS.

kode unik yang muncul untuk pengaturan dns

5. Lakukan pengaturan DNS pada server. Lihat pengaturannya dibagian bawah.
6. Setelah sudah dilakukan pengaturan DNS, langkah terakhir adalah pengalihan domain.

Kasusnya adalah seperti ini, misalkan nama domain kita adalah www.yusufsaefudin.com tapi pasti nanti ada juga yang mengaksesnya tanpa www, menjadi yusufsaefudin.com saja. Nah jika belum diatur maka pasti nanti akan terjadi error.

Pengaturannya sangat mudah, setelah DNS diatur maka balik ke pengaturan Blogspot lagi. Lalu ceklis pada bagian Alihkan bla bla bla bla. Lihat gambar dibawah ini (gambar ini hanya contoh).

pengalihan domain tanpa www menjadi dengan www

Jika sudah seperti ini, blog kalian sudah biasa diakses dengan domain baru yang kalian beli.


Pengaturan DNS
Saya menggunakan dua contoh pengaturan DNS ini, yaitu pada idwebhost.com dan qwords.com.

1. Masuk ke Dashboard / Client Area.
2. Setelah login, cari tempat untuk mengatur DNS-nya.
3. Mulai mengatur DNS, ada 3 bagian record yang harus diatur yaitu NS, A dan CNAME. NS adalah Nameserver (alamat server) dari server itu sendiri. A (Address) adalah pengaturan DNS untuk alamat IP Address-nya. Sedangkan CNAME (Alias) adalah pengaturan DNS yang merujuk pada sebuat host atau nama.
4. Bagian NS biasanya sudah terisi otomatis oleh server dan terkadang juga tidak ada pengaturannya. Contoh pengaturannya seperti dibawah ini.

pengisian dns pada bagian NS
dari qwords.com


5. Bagian A (Address) diisi dengan alamat IP Address server Google untuk Blogspot dengan bagian host adalah domain kita sendiri. Ada 4 IP Address server Google, mereka yaitu 216.239.38.21, 216.239.36.21, 216.239.34.21 dan 216.239.32.21. Pengaturannya seperti gambar dibawah ini.

pengisian dns pada bagian A (address)
dari idwebhost.com

pengisian dns pada bagian A (address)
dari qwords.com

6. Bagian CNAME (Alias) diisi dengan host yang diberikan dari Google untuk Blogspot kita. Ada 2 disini, pertama yaitu ghs.google.com dengan host menggunakan www lalu kedua yaitu kodeunik.dv.googlehosted.com dengan host kodeunik tersendiri.

Bagian host diisi dengan www ataupun www.domainkamu.com (karena setiap server memiliki pengaturan yang berbeda-beda), lalu bagian Record atau Type diisi dengan CNAME dan terkahir bagian Address (alamat) diisi dengan ghs.google.com. Lihat contoh gambar dibawah ini.

pengisian dns pada bagian CNAME (alias)
dari idwebhost.com

pengisian dns pada bagian CNAME (alias)
dari qwords.com

Selanjutnya bagian host diisi dengan kode unik yang diberikan Google, semisal 1xxx2yyy3zzz, lalu bagian Record atau Type diisi dengan CNAME dan terakhir bagian Address (alamat) diisi dengan gv-kodeuniklagi.dv.googlehosted.com, misalnya gv-qwertyuiop123.dv.googlehosted.com. Contoh pengisian seperti gambar dibawah ini. (Kode unik lihat pada gambar Pengaturan Blogspot nomor 4)

pengisian dns pada bagian CNAME (alias)
dari idwebhost.com


pengisian dns pada bagian CNAME (alias)
dari qwords.com

Baca juga: Tes Kemampuanmu Tentang CSS dan HTML
 
7. Selesai pengaturan dibagian DNS ini tapi masih ada satu lagi yang harus diatur dipengaturan Blogspot-nya. Lihat pengaturannya diatas, dinomor ke-6.

Selesai sudah pengaturan  DNS dasar untuk pengguna Blogspot, biasanya sih perubahan akan efektif setelah 24 jam. Namun juga setelah perubahan ini biasanya bisa langsung diakses. Maaf jika banyak kata-kata yang sulit dimengerti ataupun yang 'gak jelas'. Semoga bermanfaat ya kawan, sampai jumpa.
Disqus Comments