Sabtu, 25 Juli 2015

Fungsi Edit Points di Powerpoint



Assalaamu'alaikum - Banyak cara untuk membuat desain Powerpoint menjadi menarik. Dari mulai pemilihan warna, jenis huruf, gambar latar, sampai pemanfaatan shape. Pemanfaatan shape yang maksimal akan membuat kesan slide menjadi menarik dan dinamis. Diantara pemanfaatan shape ini ialah melalui fungsi edit points.


Fungsi Edit Points di Powerpoint adalah untuk mengubah shape menjadi bentuk yang diinginkan. Berbagai bentuk bisa dikreasikan menggunakan fungsi edit points. Fungsi edit points juga dapat dipadukan dengan fungsi trigger dan fungsi mouse over agar terlihat lebih menarik.

Baca: Fungsi Trigger di Powerpoint
Baca: Fungsi Mouse Over di Powerpoint

Berikut rincian mengenai Fungsi Edit Points di Powerpoint.

1. Membuat Shape
Buat shape seperti biasa melalui Tab Insert dan pilih shape. Contoh: Rectangle.

2. Menggunakan Edit Points
Klik pada Rectangle > Klik Tab Format > Klik Edit Shape > Klik Edit Points. Atau juga bisa dengan cara Klik Kanan pada Rectangle > Klik Edit Points.


Dalam mode edit points, ada dua kursor jenis yang berbeda. Yang pertama ialah kursor yang dapat digunakan untuk menarik points (titik sudut) sesuai dengan points yang ada. Tidak jauh berbeda dengan kursor jenis pertama, kursor jenis kedua juga memiliki fungsi yang sama namun bedanya ialah dapat menambah points secara langsung.


3. Opsi Pada Edit Points
Untuk opsi fungsi edit points, dapat kita gunakan dengan cara klik kanan pada mouse. Ada perbedaan antara klik kanan yang menggunakan kursor jenis pertama dan kursor jenis kedua. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini. Dan dapat dicoba langsung agar mudah dimengerti.


5. Membuat bentuk Baru dengan Edit Points
Tidak sulit untuk membuatnya, Anda hanya perlu menarik points yang ada hingga membentuk shape yang diinginkan. Contoh dibawah ini ialah Rectangle yang diubah bentuknya menjadi daun.


Mudah dan unik bukan? Tanpa perlu aplikasi lain seperti Photoshop ataupun CorelDRAW kita masih dapat membuat bentuk sesuai keinginan langsung dari Powerpoint. Untuk bentuk yang lainnya dapat dikreasikan sendiri. Dan untuk opsi-opsinya juga dapat dicoba sendiri agar lebih mengerti. Karena dengan mencoba kita dapat memahami.

Dibawah ini ialah contoh slide Powerpoint yang menggunakan fungsi edit points.


Sekian Fungsi Edit Points di Powerpoint dan semoga bermanfaat. - Wassalaamu'alaikum
Disqus Comments