Selasa, 21 Juli 2015

Bolos Sekolah Sekalian Mudik

Bolos Sekolah Sekalian Mudik

Assalaamu'alaikum - Anak sekolahan pasti udah ga asing lagi sama kata "BOLOS". Pekerjaan yang menjadi idaman ketika malas melanda. Terus, kalo kalian bolos kemana? Main ke tempat PS, main ke warnet, jalan-jalan, atau main ke rumah temen? Buat ane, semua itu terlalu mainstream. Semua hal yang disebutin tadi itu emang udah biasa dilakuin oleh anak-anak yang suka bolos. Ane pernah bolos sekolah sekalian mudik. Gak percaya? Begini ceritanya.

Waktu itu, ane kelas tiga di SMK Komputama Majenang. Saat itu emang sekolah lagi fokusin siswa buat persiapan menghadapi ujian nasional. Kebayang kan gimana pusing dan capeknya tiap hari digempur sama pelajaran yang itu-itu aja. Akibatnya, ane sendiri ngerasa stress dan bosen. Terlebih lagi, ane kangen sama Ibu, Bapak dan Adek di Depok.

Terlintas sejenak dipikiran buat pergi ke Depok. Untungnya saat itu ane udah pegang motor buat sehari-hari berangkat sekolah. Tapi pikiran muncul lagi, kan sekarang udah kelas tiga masa iya mau bolos sekolah. Lagian juga, kalo bilang ke ortu pasti gak bakal dibolehin. Terus juga, kalo bilang ke Lilik (Bibi dalam bahasa jawa) pasti ga diijinin. Tiba-tiba ide cemerlang muncul, tepatnya yaitu pada Malem Jum'at.

Pura-pura berangkat sekolah padahal aslinya mau mudik ke kota, Kota Depok. Malem itu ane sama sekali gak ada persiapan. Ane baru siap-siap pas pagi, pas mau berangkat sekolah. Ane bawa tas seperti biasa, bawa jaket + sarung tangan, HP kesayangan - Symbian s6v03 - Nokia E5, dan semua duit yang ane punya. Ane berangkat bareng sama Lilik karena beliau mau kepasar sekalian.

Namun untungnya, gak sampe pasar cuma sampe Toko Sembako - jalan ke pasar itu ngelewatin depan sekolahan ane. Dan letak toko itu sekitar 100 meter sebelum sekolahan ane. Dan untungnya lagi, diantara Toko Sembako dan SMK Komputama Majenang itu ada jalan yang bisa dipake buat muter arah balik. Mungkin ini emang petunjuk buat ane pergi ke Depok. Dengan masih ragu ane muter arah balik dan langsung meluncur ke arah Wanareja via Salebu - jalan lain dan bukan jalan yang sebelumnya ane lewatin.

Motor Supra Fit Kesayangan

Setelah sampe di Wanareja, seragam baju koko hari jumat ane lepas dan ane ganti jadi jaket + sarung tangan. Ane mantapin dah tuh niat buat pergi ke Depok. Dengan mantap, ane tarik gas meluncur ke Depok. Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat pun terlewati hanya dalam beberapa menit saja. Setelah itu masuk ke Banjar, kota yang boleh ane bilang "Kota dengan Jalanan Terbaik". Karena emang jalanannya mulus banget. Indah buat dipake ngebut.

Banjar lewat. Lanjut Ciamis - kota yang sering ane tuju buat nganterin barang penjualan dari Tasikmalaya. Lanjut lagi ke Tasikmalaya - kota tempat ane Prakerin saat kelas dua SMK dan banyak pengalaman ane dapetin disini. Lanjut lagi ke Garut - kota yang dikenal dengan dodolnya ini. Lanjut lagi ke Bandung - kota kembang yang bikin bingung dan capek karena disini banyak jalan dan waktu paling lama emang di Bandung. Kalo ga salah di Bandung juga ane isi bensin pertama. Lanjut lagi ke Cianjur - kota yang katanya banyak terdapat "nu gareulis". Kalo ga salah juga disini ane isi bensin kedua. Lanjut lagi ke Bogor - kota hujan, kota yang penuh cinta, kota yang dimana ane dapet banyak ilmu disitu. Dan sampelah di kota Depok - kota kebesaran, kota tempat ane hidup sejak kecil.

Tanpa istirahat dan cuma berhenti saat isi bensin. Lelah dan pegel disertai laper itu sangat gak asik buat diajak kompromi. Namun semua itu tergantikan ketika ane udah sampe didepan rumah. Indah rasanya. Nyokap dan Adek sempat kaget - walau sebentar. Mereka agak sedikit bingung dan ketawa-ketawa. Mungkin dikira itu nyasar sampe ke Depok padahal ini lagi bolos sekolah. Sampe dirumah, minum dan tiduran. Kepikiran Lilik di Majenang sana.

Ditelpon lah sama Ibu dan Ibu bilang kalo ane lagi ada di Depok. Kaget juga Lilik denger ane udah ada di Depok jam setengah empat sore padahal beliau pikir sebelumnya kan berangkat bareng ke sekolah. Hari Jum'at ane dirumah. Hari sabtunya ane ditelpon wali kelas disuruh masuk sekolah jangan bolos lagi. Hari minggunya ane berangkat lagi ke Majenang.

Pemandangan Puncak Bogor

Berangkat dari rumah sekitar jam sepuluh pagi. Dan siangnya sampe di Puncak Bogor, sempet disitu ane menikmati pemandangan Puncak yang tak seindah dulu. Abis itu ane lanjut lagi. Sama seperti sebelumnya, ane bawa motor pake ngebut biar cepet sampe. Dan akhirnya sampe di Majenang sebelum isya. Capek tapi bahagia.

Setelah melepas kangen bersama keluarga di Depok dan diberi wejangan oleh Ibu, ane merasa lebih semangat buat hadepin ujian ini. Dan akhirnya, setelah pengumuman kelulusan tiba, ane nangis. Kenapa? Karena ternyata nilai hasil ujian itu melebihi dari target ane sebelumnya. Alhamdulillah, ini sangat luar biasa bagi ane pribadi.

Begitulah kira-kira sepenggal kisah hidup ane saat Bolos Sekolah Sekalian Mudik. Semoga dapat diambil yang baiknya dan dibuang yang buruknya. - Wassalaamu'alaikum
Disqus Comments