Sabtu, 09 Mei 2015

7 Bagian Penting dalam Blog


Assalaamu'alaikum - Kehidupan akan menjadi penting jika kita memperhatikan bagian-bagian yang ada didalamnya. Begitupun sebuah blog, blog akan terasa memiliki nyawa jika kita memperhatikan bagian-bagiannya. Ada banyak bagian-bagian yang membentuk sebuah blog. Sebagian diantaranya ialah memang harus ada dalam blog tersebut, namun sebagian lagi dirasa tidak perlu untuk dipasang diblog.

Untuk itu, perhatikanlah bagian-bagian penting terlebih dahulu dan setelahnya baru bagian tambahan. Diantara bagian-bagian penting tersebut ialah:

1. Postingan atau konten blog
Postingan ialah sebuah tulisan atau konten diblog itu sendiri. Postingan menjadi sangat penting karena tanpa adanya postingan, blog serasa tidak memiliki nyawa. Postingan juga dapat menjadi ujung tombak daripada kemajuan sebuah blog. Sebuah blog akan terlihat dinamis jika postingannya selalu update. Update postingan secara berkala membuat blog terasa bernyawa dan lebih segar.

Perlu diperhatikan juga konten yang terdapat dalam postingan. Tulisan yang tersusun rapi akan memudahkan pembacanya. Gambar yang jelas (tidak pecah) akan memberi warna pada tulisan. 

2. Template atau tampilan blog
Karena kesan pertama itu penting, maka tampilan blog pun penting. Tampilan blog akan menciptakan warna pada sebuah blog. Tampilan yang simple dan rapi akan membuat pengunjung merasa nyaman mengunjungi blog. Untuk warna usahakan seimbang, misalnya antara warna tulisan dan warna background haruslah sesuai. Tidak terlalu gelap ataupun tidak terlalu terang. Selain warna, kolom-kolom yang ada pada blog juga harus proporsional. Tidak terlalu lebar ataupun tidak terlalu sempit. 

Design tampilan sendiri akan lebih memuaskan namun jika dirasa sulit lebih baik cari template yang sudah banyak tersebar di internet. Untuk cara mengganti template blog, bisa dilihat disini.

3. Label postingan
Label bisa juga disebut sebagai kategori. Label penting juga berada dalam sebuah blog. Karena fungsi label ialah menggolongan jenis postingan yang ada. Misalnya tulisan tentang "Perbedaan 32bit dan 64bit pada Komputer" dan "Cara Berbagi File dengan Jaringan Wifi di Windows 8 (AdHoc)" akan dimasukan dalam label Komputer. Label akan memudahkan pengunjung mencari postingan sesuai dengan topiknya.

4. Arsip blog
Arsip blog ialah daftar postingan blog. Daftar yang berisi seluruh postingan blog dan diurutkan berdasarkan waktu (kronologi). Hampir sama seperti label yaitu menggolongkan postingan, namun bedanya ialah arsip menggolongkan postingan bukan berdasarkan tulisan melainkan berdasarkan waktu terbitnya sebuah tulisan. 

5. Halaman penunjang blog
Seperti sebuah postingan, halaman dapat berupa tulisan ataupun yang lainnya. Beda dengan postingan yang didalamnya berisi sebuah artikel, halaman ini gunanya sebagai informasi tentang blog itu sendiri. Beberapa halaman penunjang ialah About, Sitemap, Contact, dll. About biasanya berisi deskripsi tentang blog dan deskripsi tentang penulisnya. Sitemap yaitu daftar semua artikel yang ada diblog. Contact bisa berupa form saran, akun-akun media sosial ataupun yang lainnya.

6. Icon blog
Icon ibarat maskot-nya sebuah blog. Blog akan terlihat lebih nyata jika sudah memiliki icon-nya sendiri. Ada yang belum tahu icon Facebook ? Tentu semua pengguna internet tahu icon Facebook. Icon yang hanya berupa huruf "f" terlihat dimana-mana saat kita berselancar di internet. Walaupun tidak ada tulisan "Facebook"-nya, tapi pasti icon tersebut jika diklik pasti berhubungan dengan Facebook. Itulah fungsi sebuah icon, yaitu menjadi penanda dan perwakilan sebuah blog. Buatlah icon yang dapat mewakili blog itu sendiri.

7. Widget tambahan
Bagaikan sayur tanpa garam, blog akan terasa hambar jika hanya diisi dengan menu-menu utamanya saja. Akan lebih gurih jika ditambah beberapa widget tambahan. Diantaranya ialah gambar, video, slideshow photo, kontak sosial media, blogroll (link blog teman), postingan populer, komentar terbaru, dsb. 

Widget tambahan tersebut, digunakan sesuai dengan kebutuhan. Jangan terlalu banyak dan lebay. Semisal menambahkan animasi bergerak (gif atau flash) yang tidak sesuai dengan konten blog. Gunakan widget tambahan secara proporsional. Dengan begitu, blog akan terlihat rapi dan "ga lola".


Kira-kira seperti itulah 7 Bagian Penting dalam Blog yang harus diperhatikan. Buatlah blog-mu sesuai dengan kehendak-mu, tapi jangan lupa berikan perhatian kepada pengunjung-mu. Semoga bermanfaat. - Wassalaamu'alaikum
Disqus Comments