Minggu, 17 Januari 2016

Contoh Slide Powerpoint Lomba Cerdas Cermat

Contoh Slide Powerpoint Lomba Cerdas Cermat

Contoh Slide Powerpoint Lomba Cerdas Cermat - Emm, ada yang pernah ikutan lomba cerdas cermat? Kalo saya sendiri sih belom pernah, hehe. Tapi kalo jadi panitia lomba cerdas cermat pernah satu kali. Pada event Mozaik Ramadhan saat caturwulan ke-3 (kalo nggak salah) di Bogor EduCARE.

Baca juga: Powerpress Presentation Template

Bersama dua ekor teman saya, blih Batik Adi dan kaka Rif'atunnisa, kami membuatnya dengan penuh cinta dan dedikasi yang tinggi, hehe. Soal-soal yang ditampilkan pun harus melewati tahap seleksi yang sangat ketat hingga banyak yang harus tereliminasi. Ternyata lucu dan asyik juga ikut kepanitiaan seperti ini ya.

Blih Batik Adi spesialis soal pengetahuan umum karena dia adalah ketua Divisi Perpustakaan Bogor EduCARE Angkatan 18. Wuihh, prok prok prok. Sedangkan Kaka Rif'atunnisa spesialis soal agama karena dia jebolan pesantren dan orangnya juga sholehah. Wuihh, mereka memang hebat-hebat semua.

Kalo saya? Hanya bantu-bantu mereka saja dan membuat slide powerpoint-nya. Dan pada postingan kali ini, saya akan membagikan slide powerpoint untuk lomba cerdas cermatnya. Cekidot!

Slide menggunakan fungsi 'Browsed at a kiosk (full screen)'

Apa itu 'Browsed at a kiosk (full screen)'? Itu adalah salah satu option dalam 'Set Up Slide Show' yang fungsinya membuat slide hanya bisa dimainkan menggunakan mouse. Jadi, tombol pada keyboard nantinya nggak bisa dipakai (seperti 'Enter', 'Space') kecuali tombol 'Esc'.

Cara memainkan slide-nya bagaimana? Dengan menggunakan hyperlink dan timing yang tepat pada slide. Hal ini bertujuan agar jika pada saat lomba, nggak sengaja tombol di keyboard kepencet, maka nggak apa-apa. Kan nggak lucu kalo pada saat menjawab soal tiba-tiba slide-nya ganti, dan itu adalah soal selanjutnya. Gitu.

Cara mengatur 'Browsed at a kiosk (full screen)'? Lihat gambar dibawah ini.

mengatur Browsed at a kiosk (full screen) pada powerpoint

 

Dilengkapi Countdown Timer

Countdonw Timer (CT) atau hitungan mundur digunakan sebagai waktu untuk menjawab soal. CT ini berformat gambar bergerak (.gif) dan memiliki waktu 60 detik. Dengan adanya CT ini akan memudahkan panitia dalam memanajemen waktu sehingga slot waktu yang ada dapat digunakan secara maksimal.

Terdiri dari 4 babak

Lempar Soal - Terdiri dari 4 kotak pertanyaan (paket) karena peserta ada 4 grup. Pertanyaan sebelumnya telah disiapkan oleh panitia. Setiap grup bebas memilih paket yang diinginkan lalu melemparkannya kepada grup lain. Waktu menjawab soal adalah 60 detik. Setelah paket dipilih, klik pada angka '1' untuk penjawab pertama, angka '2' untuk penjawab kedua dan seterusnya. Angka 1,2,3 dan 4 adalah hyperlink menuju slide CT. Setelah selesai menjawab, klik 'Paket' untuk kembali ke menu awal. Jika babak Lempar Soal selesai, lanjut ke babak Bonus.

Contoh Slide Powerpoint Lomba Cerdas Cermat

Bonus - Hampir sama dengan babak Lempar Soal namun paket yang dipilih akan dijawab sendiri bukan dilempar. Untuk memilih paket, klik pada kotak paket yang ada, nanti akan muncul pertanyaan dibawahnya. Setelah itu, klik angka 1, 2, dan seterusnya seperti pada babak Lempar Soal. Jawabannya bukan hanya satu, melainkan berbentuk daftar. Contoh: Binatang berkaki empat? Kucing, kambing, kuda. Jika penjawab menjawab sesuai dengan yang ada pada daftar, maka akan mendapat poin. Setelah selesai babak Bonus, lanjut ke babak Rebutan.

Contoh Slide Powerpoint Lomba Cerdas Cermat

Rebutan - Berbeda dengan babak sebelumnya, pada babak Rebutan ini soal akan dibacakan panitia dan dijawab langsung oleh peserta. Babak ini menganut sistem "Siapa cepat, dia dapat!". Klik 'Mulai' untuk mulai memberikan pertanyaan. Waktu 20 menit. Slide ini tidak menggunakan CT semuanya tapi menggunakan timing pada transisi antar slide. Slide akan berjalan secara otomatis sampai waktu 20 menit habis. Setelah selesai, lanjut ke babak berikutnya.

Contoh Slide Powerpoint Lomba Cerdas Cermat

Babak Belur - Ini adalah babak terakhir dan yang paling seru karena ada ZONK-nya. Selain itu, tiap pertanyaan pun berbeda ketentuan dan poinnya. Jadi lebih dinamis dan menantang. Ada juga slide yang nggak menjawab soal, hanya disuruh nyanyi tapi dapat poin. Enak yahh. Cara memulainya cukup klik paket yang tersedia, mulai dari 1 - 20. Nanti slide pertanyaan akan muncul, klik 'Soal' untuk menampilkan soal dan klik 'Jawab' untuk menampilkan jawaban. Ketentuan nilai dan lain-lain ada dibagian bawah slide. Jika sudah, klik 'Paket' untuk kembali ke paket awal. Klik 'Done' untuk mengakhiri perlombaan.

Contoh Slide Powerpoint Lomba Cerdas Cermat

Contoh Slide Powerpoint Lomba Cerdas Cermat

Baca juga: Contoh Presentasi Pengenalan Produk
 
Serunya pada waktu itu, di Bogor EduCARE saat sore hari. Baik penonton maupun peserta sangat antusias mengikuti perlombaan cerdas cermat ini. Dan waktu itu, lomba di menangkan oleh timnya Bang Chandra Sentosa (pemilik www.cskita.net). Mantappp!

Untuk preview dan donwload ada dibawah ini. Cara donwload-nya baca di Cara Download di Slideshare.


Itulah contoh slide powerpoint lomba cerdas cermat yang dapat saya bagikan. Semoga dapat bermanfaat ya. Sekian dan sampai jumpa.
Disqus Comments