Minggu, 27 September 2015

Bagaimana Cara Presentasi Yang Baik?

5 cara presentasi yang baik

Bagaimana Cara Presentasi Yang Baik? - Sebelum kita melangkah ke cara presentasi yang baik, kita harus tahu dulu apa sih yang presentasi itu? Menurut Wikipedia, "Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi."

Baca juga: Download Template Powerpoint Untuk Sidang Skripsi

Tentunya berbicara di hadapan orang banyak harus mempunyai teknik yang tepat agar maksud yang diinginkan dapat tercapai dengan maksimal. Oleh karena itulah, teknik presentasi yang baik sangat diperlukan dalam hal ini. Lalu bagaimana sih cara presentasi yang baik itu?

Menurut Saya, setidaknya ada lima hal yang bisa dilakukan untuk membuat suatu presentasi dikatakan baik. Berikut lima poin tersebut.

1. Sampaikan dengan baik
Semua hal yang disampaikan dengan baik akan mendapatkan respon yang baik pula. Ini merupakan psikologi manusia pada umumnya. Penyampaian presentasi yang baik akan membuat audiens merasa nyaman dan mengerti maksud dari presentasi yang disampaikan.

Berkatalah dengan sopan dan santun serta hindari kalimat yang ambigu dan dapat menyinggung perasaan orang lain. Hal yang juga penting ialah saat kita menanyakan nama audiens, jangan sampai mengulangi pertanyaaan itu untuk kedua kalinya. Karena itu ia akan merasa kurang dihargai.

2. Timing yang tepat
Timing atau waktu dalam menyampaikan presentasi juga merupakan hal yang penting. Mulai dari ucapan seperti penekanan intonasi pada poin-poin penting dalam presentasi hingga mungkin humor yang dibawakan saat presentasi.

Penggunaaan timing yang tepat akan membawa presentasi memiliki predikat "presentasi yang baik". Emosi audiens akan mengalir sesuai dengan alur jalannya presentasi.

3. Mood yang baik
Entah disadari atau tidak, orang lain dapat menilai mood yang ada dalam diri seseorang. Mood yang baik akan membawa presentasi menjadi baik sesuai dengan rencana awal. Saat mood sedang baik, audiens pun akan merasa nyaman dan menikmati presentasi yang dibawakan. Namun berbeda ketika mood sedang buruk, sedang marah atau kesal misalnya, audiens pun pasti akan merasa tidak nyaman.

Karena mood tidak bisa diduga-duga, maka sebaiknya perbanyak melatih emosi diri dan mencoba untuk tidak membawa mood buruk ke situasi lain yang sudah berbeda.

4. Persiapan yang matang
Ada pepatah yang mengatakan, "Tanpa persiapan, rencana yang matang hanyalah sebuah harapan". Persiapan memanglah penting, terbukti saat kita melakukan persiapan hasilnya akan lebih baik daripada tidak melakukan persiapan. Hal ini berlaku untuk semua kegiatan termasuk juga saat presentasi.

Presentasi yang baik diawali dengan persiapan yang baik pula. Mulai dari mental, kalimat yang akan diucapkan, penampilan hingga alat peraga yang digunakan dalam presentasi. Persiapkan hal apapun yang berkaitan dengan presentasi secara maksimal agar hasilnya pun maksimal.

5. Visualisasi
Secara psikologis, 80% pandangan pertama menuju pada penampilan lalu selanjutnya kepada hal yang lain. Penampilan mengambil sebagian besar perhatian audiens dalam sebuah presentasi. Oleh karena itu, visualisasi penampilan akan mempengaruhi jalannya presentasi.

Visualisasi ini mulai dari penampilan presentator itu sendiri hingga alat peraga yang digunakan. Salah satu contoh media yang digunakan ialah slide. Slide yang menarik tentu akan lebih diperhatikan oleh audiens daripada slide yang monoton. Tampilkanlah visualisasi semenarik mungkin agar maksud presentasi dapat tercapai dengan baik.

Kiranya, itulah lima cara presentasi yang baik. Apapun caranya yang terpenting ingat bahwa presentasi itu menyampaikan maksud kepada orang lain. Sebisa mungkin, orang lain itu dapat mengerti maksud dengan baik dan mengikuti tujuan dari presentasi tersebut.

Sekian dan semoga bermanfaat.
Disqus Comments