Jumat, 17 Juli 2015

Tradisi Lepas Balon Udara Saat Lebaran

Assalaamu'alaikum - Masih dalam suasana yang hangat penuh kebahagiaan, penuh damai dan penuh cinta. Suasana yang hanya satu kali dalam setahun dan menjadi penanda akhir bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Suasana Lebaran kali ini terasa begitu berbeda. Lebih syahdu, lebih melekat dan lebih indah.

Ini tidak lain karena kita semua merasakan kemenangan setelah menahan hawa nafsu sebulan penuh lamanya. Terasa juga seperti bayi yang baru lahir, yaitu bersih dan suci. Semoga Allah SWT menerima semua amalan kita dan juga puasa kita. Aamiin.

Saya dan keluarga mengucapkan  
"Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin".


Tradisi Lepas Balon Udara Saat Lebaran - Tradisi tahunan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Pahonjean, Majenang, Cilacap, Jawa Tengah ini memang menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat desa setempat. Tradisi ini dilaksanakan selepas Sholat Ied di halaman Masjid. Baik masyarakat desa maupun pendatang turut serta dalam tradisi ini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa terlihat antusias mengikutinya. 


Ada empat balon yang diterbangkan ke udara. Balon itu sendiri terbuat dari kerangka bambu yang dibungkus dengan kertas wajik. Warna balon pun beragam, mulai dari warna putih yang melambangkan kesucian, warna hijau yang melambangkan kesejahteraan hingga warna merah yang melambangkan keberanian. Bahan bakar untuk menerbangkannya pun sederhana.

Karung goni yang dibuntal dan direndam minyak tanah ini menjadi bahan bakar balon terbang ini. Buntalan ini diletakkan dibawah balon udara sehingga saat buntalan ini dibakar, asapnya akan mengepul didalam balon dan membuat balon naik ke udara.


Saat momen seperti inilah, semua yang melihatnya bersorak gembira. Naiknya balon ke udara menandakan naiknya pula kebaikan kita setelah bulan Ramadhan ini. Hilangnya balon yang semakin meninggi menandakan hilangnya pula keburukan kita setelah bulan Ramadhan ini. Penanda ini adalah harapan yang harus diwujudkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.


Tradisi Lepas Balon Udara Saat Lebaran harus dilestarikan mengingat selain menjadi hiburan, tradisi ini juga dapat mempererat tali persaudaraan antar masyarakat itu sendiri. - Wassalaamu'alaikum
Disqus Comments