Jumat, 10 Juli 2015

Fungsi Mouse Over di Powerpoint

fungsi mouse over di powerpoint


Assalaamu'alaikum - Sebelumnya, apakah sudah pernah melihat tulisan Mouse Over pada Powerpoint? Jika belum, ini ane kasih tau. Tulisan Mouse Over terletak pada Tab Insert lalu pada grup Links klik tombol Action. Nah disitulah terdapat tulisan Mouse Over dan Mouse Click. Namun disini ane hanya akan berbagi tentang Mouse Over saja.


Terus Fungsi Mouse Over di Powerpoint itu apa sih? Fungsinya yaitu menjalankan perintah saat kursor mouse mengenai objek. Biar ga bingung, coba geser kursor tulisan "COBA" dibawah ini.




Saat mouse bergeser ke tulisan "COBA", maka yang sebelumnya berlatar warna putih menjadi warna merah. Kira-kira seperti itulah Fungsi Mouse Over di Powerpoint

Bagaimanakah penerapannya di Powerpoint? Sebagai contoh, ane buat seperti halaman web yang berisi 3 konten tab yaitu Home, About dan Login. Dan saat kursor bergeser pada konten tersebut, konten tersebut berubah warnanya. 

1. Buat desain slide
Buat desain sesuai dengan kebutuhanmu.
fungsi mouse over di powerpoint

2. Buat slide baru dengan layout blank
Jumlah slide tergantung dengan jumlah konten yang ada. Disini ada 3 konten, maka kita memerlukan 2 slide baru agar jumlahnya menjadi 3 slide.
menambah slide baru powerpoint

3. Memulai pengaturan Mouse Over pada konten
Caranya yaitu klik pada konten > klik Insert > klik Action > klik Mouse Over. Klik pada tulisan Hyperlink to: lalu pada menu dropdown pilih Slide.

membuka menu mouse over

4. Mengatur Mouse Over sesuai dengan konten
Dengan pengaturan ini kita akan membuat seolah-olah warna konten berubah saat kursor bergeser. Setelah pilih Slide, pilih slide yang akan kita tuju. Kita atur konten Home menuju ke Slide 1. Setelah itu klik OK dan OK lagi.

mengatur mouse over

5. Atur Mouse Over pada disemua konten
Ulangi cara 3 dan 4 untuk mengatur Mouse Over pada konten. Konten About pada Slide 2 dan konten Login pada Slide 3.

6. Salin semua konten yang ada pada slide
Sebelumnya, kita kan sudah buat 2 blank slide. Nah slide itu diisi dengan semua konten yang ada pada Slide 1. Copy semua konten yang ada pada Slide 1 ke Slide 2 dan Slide 3.

7. Beri efek perubahan pada konten
Pada Slide 1, kita ubah warna latar pada konten Home menjadi hitam. Begitupun pada konten About di Slide 2 dan pada konten Login di Slide 3.

fungsi mouse over di powerpoint

8. Selesai
Mainkan slidemu. Jika ada yang kurang, kamu bisa menambahnya lagi. Jangan khawatir bila saat mouse bergeser ternyata tidak ada perubahan, mungkin itu sedang loading.

Untuk contoh hasil slidenya bisa dilihat dibawah ini. Download terlebih dahulu untuk melihat perubahannya.


Contoh penerapan aslinya bisa dilihat dibawah ini.

A Little About Me from Si Yusuf

Sekian tulisan Fungsi Mouse Over di Powerpoint. Semoga Bermanfaat. - Wassalaamu'alaikum
    Disqus Comments