Minggu, 10 Mei 2015

Cara Menghemat Kuota Modem Internet

Cara Menghemat Kuota Modem Internet

Cara Menghemat Kuota Modem Internet - Ibarat sepasang kekasih, PC atau laptop juga memiliki pasangannya. Modem adalah pasangannya. Modem yang digunakan untuk berselancar ria didunia internet menjadi perangkat penting saat ini. Ini tak lain dikarenakan kebutuhan akan internet semakin meningkat. Baik yang menggunakannya untuk bisnis, pendidikan, atau hanya kesenangan semata.
Modem (modulator demodulator) berfungsi mengubah signal analog menjadi signal digital atupun sebaliknya. Modem membuat kita dapat terhubung dengan internet, namun modem tidak bertanggung jawab atas kuota yang digunakan. Adakalanya, kita menyalahkan modem akibat kuota internet yang baru saja dibeli ternyata cepat habis. Jangan salahkan modem, karena modem itu tak bersalah. Maka dari itu kita harus menghemat kuota modem internet, agar dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Untuk itu agar nggak salah sangka lagi, perhatikan juga hal-hal yang menyebabkan kuota internet cepat habis, diantaranya ialah:
  1. Streaming video atau memutar musik secara online.
  2. Download file berukuran besar.
  3. Mengunjungi halaman yang terdapat banyak gambar didalamnya.
  4. Software atau system yang otomatis update tanpa diketahui.
  5. Sinkronisasi antara komputer dengan server secara otomatis.
  6. Permainan game online yang membutuhkan data besar.
Untuk mengatasi hal-hal tersebut, diperlukan beberapa cara, diantaranya ialah:

1. Gunakan internet sesuai kebutuhan
Untuk menghemat kuota, kita bisa menghindari streaming video ataupun memutar musik secara online namun jika perlu, gunakan sesuai dengan kebutuhan yang ada.

2. Pahami paket kuota internet
Secara umum, operator menyediakan paket-paket untuk internet. Pahami penggunaan waktu beserta kuotanya. Semisal saat kita ingin men-donwload file berukuran besar dan kita memiliki kuota besar di jam kunti (jam malam), maka donwload file tersebut lalu dipause dan dilanjutkan lagi saat malam. Tak perlu ditunggu, ditinggal tidur saja.

3. Matikan update secara otomatis
Hal ini memang sedikit menyebalkan, karena tanpa sepengetahuan kita software atau system meng-update secara otomatis dibalik layar. Jika tidak ingin hal ini terjadi, maka matikanlah pilihan untuk update otomatis. 

Untuk system Windows 8, ikuti cara ini: Control Panel > System and Security > Windows Update > Change settings > pada bagian "Important updates" pilih "Never check for update (not recomended)" atau dapat juga memilih "Check for update but let me choose whether to download and install them" > lalu OK.

Untuk masalah software, dapat dicari-cari sendiri pengaturanya atau bisa juga menggunakan software Update Freezer. Software dapat didownload di www.updatefreezer.org. Cara penggunaannya cukup buka softwarenya, maka akan muncul daftar software yang terinstall pada komputer (tidak semua software), pilih "Disabled" dan selesai.

Cara Menghemat Kuota Modem Internet

4. Atur koneksi internet
Salah satu software yang dapat mengatur koneksi internet ialah Net Balancer, dapat didownload di www.seriousbit.com. Setelah didownload, buka softwarenya. Di close juga nggak masalah, karena Net Balancer berjalan diballik layar.

Kita bisa memonitoring data masuk dan keluar, biasanya terlihat pada taskbar. Icon biru (menghadap kebawah) menunjukan data masuk (download) sedangnkan icon merah (menghadap keatas) menunjukan data keluar (upload). Lihat gambar dibawah.

Cara Menghemat Kuota Modem Internet

Jika kita geser mouse ke bagian tersebut, akan terlihat semacam jendela notifikasi berisi software yang sedang menggunakan internet. Patut dicurigai jika data masuk (download) berukuran besar namun saat kita lihat pada notifikasi ternyata software yang menggunakan data besar tersebut adalah software yang tidak kita ketahui.

Cara Menghemat Kuota Modem Internet

**svchost.exe adalah service update windows, ini bukan software pengganggu, ini hanya contoh saja.

Contohnya ialah seperti gambar diatas, dibagian "Down" terlihat berukuran besar. Untuk menghemat kuota lebih baik kita "Block" saja software tersebut. Caranya ialah:

1. Klik 2x pada icon up and down di taskbar

Cara Menghemat Kuota Modem Internet


2. Akan muncul main window dari Net Balancer dan pilih software tersebut lalu pilih icon block. Maka dibagian Priority akan tertulis "Blocked".


3. Selesai, tinggal di close saja. Data kuota pun akan menjadi lebih hemat. Jika ingin kembali seperti semula, kita tinggal pilih icon normal.

Cara Menghemat Kuota Modem Internet

Baca juga: Cara Edit HTML dan CSS dengan Mudah Untuk Pemula

Kira-kira seperti itulah tips menghemat kuota modem internet. Semoga tips yang singkat ini dapat membantu kamu untuk menghemat kuota modem internet. Sekian Cara Menghemat Kuota Modem Internet, semoga bermanfaat.
Disqus Comments